Internet Service ProviderTips Mengatasi Koneksi Internet yang Bermasalah

Koneksi internet sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Apabila bermasalah, kegiatan bahkan pekerjaan dapat terhambat. Tidak jarang pula, masalah koneksi internet hanya dapat diatasi oleh pihak Internet Service Provider (ISP). Permasalahan yang sering muncul yaitu perangkat atau ponsel gagal mengakses internet, koneksi tidak stabil, jaringan tidak dapat terdeteksi oleh perangkat, koneksi lambat, hingga jaringan internet tidak terbaca di perangkat. Lantas, apa yang dapat dilakukan jika mengalami hal tersebut? Mari simak tips cerdas di bawah ini.

  1. Bersihkan cache. Pernahkah Anda menemukan data cache yang besar pada ponsel Anda? Cache merupakan data sementara yang tersimpan dalam perangkat untuk mempercepat atau mempermudah jalannya aplikasi atau web. Namun, cache dapat memperlambat kinerja ponsel atau perangkat Anda. Bahkan, dapat mempengaruhi jaringan internet yang terhubung. Oleh sebab itu, rutin menghapus cache perlu dilakukan untuk memperlancar jaringan.
  2. Aktifkan mode airplane. Apabila koneksi internet Anda bermasalah, Anda dapat mencoba mengaktifkan mode airplane selama beberapa detik. Setelah itu, ubah kembali ke mode Hal ini dilakukan untuk me-refresh dan mencari koneksi yang jaringannya lebih baik. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengatasi jaringan internet yang bermasalah.
  3. Restart Jika dengan cara mengaktifkan mode airplane tidak berhasil, cobalah untuk restart ponsel Anda. Tekan tombol restart selama beberapa detik. Cara ini bukan hanya berguna untuk permasalah pada jaringan internet saja, namun juga permasalahan pada aplikasi yang error. Restart ponsel juga berfungsi untuk mengosongkan RAM. RAM yang penuh dapat memperlambat kinerja ponsel sehingga menjadi lemot.
  4. Lepas kartu SIM sementara. Setelah Anda mencoba restart ponsel, lepas kartu SIM selama beberapa saat. Setelah itu, pasang kembali ke ponsel Anda. Pada kartu SIM terdapat lempengan kuning yang berfungsi untuk keperluan sms, internet, dan telepon. Apabila pada lempengan kuning terdapat goresan atau kotoran, maka kartu SIM akan mengalami masalah. Oleh sebab itu, periksa kartu SIM Anda dan bersihkan lempengan kuning di dalamnya.
  5. Cek sisa kuota. Seringkali, pengguna ponsel tidak sadar bahwa kuota internet mereka sudah habis. Sehingga ketika mengalami gangguan jaringan, akan mengalami kebingungan. Sebab, semua cara tidak berhasil. Bisa jadi, kuota internet Anda sudah habis, namun Anda tidak menyadarinya. Untuk mempermudah pengecekan, Anda dapat mengunduh aplikasi provider yang Anda pakai. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat dengab mudah mengecek secara berkala sisa kuota internet Anda.

Permasalahan pada jaringan internet bukan hanya disebabkan oleh provider yang Anda pakai saja, tapi bisa jadi akibat human error seperti lupa mengisi kuota internet atau akibat kinerja ponsel yang menurun. Anda dapat mencoba lima tips di atas untuk mengatasi permasalahan internet Anda. Semoga bermanfaat, ya!

 

By admin