Penyebab Sakit Gigi Pada Anak dan Cara Menyembuhkannya

Pada dasarnya, sakit gigi merupakan rasa nyeri dan ngilu yang terasa di dalam ataupun dekat gigi dan rahang. Rasa nyeri ini kian terasa menyakitkan apabila terkena makanan ataupun minuman dingin dan manis. Dalam situasi yang lebih parah, rasa nyeridapat berganti jadi sakit alhasil menyebabkan pusing hingga menyebabkan pipi menjadi bengkak. Jika sudah demikian, anak akan sulit untuk bermain dan beraktifitas seperti biasanya.

Kemudian apa sih penyebab sakit gigi pada anak? Sakit gigi pada anak dan orang dewasa sebenarnya mempunyai penyebab- penyebab yang tidak lain karena kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut dan juga pola makan yang kurang bagus yaitu kurang makan makanan yang mengandung serat.

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa anak anak suka makan dan minum segala sesuatu yang manis. Makanan- makanan jenis ini bila tertinggal di rongga mulut, dapat menyebabkan masalah pada mulut. Kenapa? ketika makanan tertinggal di rongga mulut dan mengendap dalam waktu yang lumayan lama, kuman akan merubah zat gula menjadi zat asam. Dimana zat asam akan mengganggu susunan email gigi ataupun yang biasa dikenal dengan gigi berlubang.

Penyebab sakit gigi pada anak yang lain yaitu karena adanya cidera atau masalah kesehatan lain yang dialami oleh anak. Hanya saja, sakit gigi yang diakibatkan oleh penyakit ini relatif dan tidak lebih parah jika diakibatkan oleh makanan.

Agar semakin tahu apa saja penyebab sakit gigi pada anak, silahkan simak uraian berikut:

1. Tumbuhnya Gigi Baru

Pada anak di usia 10- 12 tahun, sakit gigi dapat disebabkan karena tanggalnya gigi susu dan tumbuhnya gigi baru. Hal inilah yang sering dikeluhkan anak pada usia pertumbuhan. Jadi peran anda dalam mendampingi anak sangatlah penting.

2. Gigi Berlubang

Terlalu banyak makan permen, coklat dan bermacam makanan manis yang lain dan bahkan pemberian susu botol pada waktu menjelang tidur dapat menyebabkan gigi berlubang. Gigi anak akan nampak kecoklatan. Bila didiamkan dan tidak dirawat maka gigi akan rusak dan akhirnya akan berlubang.

Gigi berlubang biasanya terletak pada gigi geraham, dimana tempat bersarangnya sisa-sisa makanan. Nah, dari makanan yang tersisa inilah akan membusuk kemudian menibulkan bercak lubang yang apabila dibiarkan akan menyebabkan sakit gigi yang tak tertahankan. Tidak hanya itu gigi berlubang pada anak biasanya diakibatkan oleh eliminasi gigi yang kurang bagus.

3. Gusi Bengkak

Pembusukan makanan oleh kuman dikala makanan tertinggal di rongga mulut tidak hanya dapat melukai saraf gigi, tetapi menyebabkan peradangan pada gigi ataupun pada gusi. Pembengkakan tidak hanya akan terlihat di dalam mulut tetapi dapat juga terlihat hingga di pipi. Wajah akan nampak sembab, dan juga disertai rasa sakit yang hebat dan meriang, pada kondisi yang lebih parah dapat menimbulkan kesusahan saat makan.

Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak

Gigi yang sakit pada anak tidak dapat didiamkan begitu saja. Rasa sakit yang anak rasakan akan sangat mengganggu aktivitasnya. Hal ini tentunya akan mengganggu kegiatan belajar anak di seklah maupun di rumah. Itulah penyebab yang membuat anda harus membawa anak ke dokter gigi saat sakit gigi. Namun dalam beberapa situasi anda harus sigap dalam menangani sakit gigi pada anak, sebaiknya gunakan cara berikut:

1. Kumur dengan Air Hangat

Cara ini mempunyai hasil yang mujarab. Anda juga tidak perlu repot mempersiapkan bahan, lumayan satu gelas air hangat saja. Suruh si kecil untuk berkumur, dan menahannya dalam mulut dalam beberapa waktu. Tambahkan sedikit garam jika memang diperlukan.

2. Mengoles Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mempunyai kandungan yang dapat menyebabkan dampak mati rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Anda dapat menggunakan kapas yang telah diberi minyak cengkeh, dan oleskan pada bagian yang sakit. Minyak cengkeh berperan bagaikan pembius lokal alhasil sakit mereda dan setelah itu akan hilang.

3. Kompres Pipi dengan Air Dingin

Pipi yang membengkak dapat anda redakan jika dikompres dengan air dingin. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara menaruh es batu pada handuk dan mengompreskannya pada pipi.

4. Bawang Putih

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi pada anak ialah dengan menggeprek bawang putih kemudia meletakkannya di bagian gigi yang sakit. Biarkan beberapa saat kemudian kumur dengan air hangat.

5. Cairan jeruk Nipis

Cairan jeruk nipis juga dapat menjadi salah satu obat alami redakan sakit gigi pada anak. Kandungan vit C- nya yang tinggi mampu mengurangi rasa sakit gigi. Caranya juga gampang, Cukup potong jeruk nipis menjadi bagan-bagian yang kecil, kemudian taruh dan tekan pada bagian gigi yang sakit, biarkan beberapa saat kemudian buang.

Itu tadi beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit gigi pada anak. Bagi anda selaku orang tua yang memang mengalami sakit gigi juga dapat mencari cara mengobati sakit gigi yang lainnya.