Kolektibel Pengertian NFT, Fungsi, dan Cara Kerjanya akan Kamu Temukan Disini

Di zaman modern seperti yang terjadi sekarang ini, kita sangat diuntungkan dengan semakin berkembangnya teknologi. Teknologi yang semakin berkembang tersebut akan sangat memudahkan kehidupan kita dalam segala hal. Sebagai contoh, hal-hal sederhana yang dapat memudahkan kita karena teknologi yang sudah modern adalah seperti, disaat kita sibuk dengan pekerjaan, kita bisa memesan makanan hanya dengan melalui smartphone tanpa perlu keluar ruangan untuk mencari makanan. Kita juga bisa membeli barang yang kita inginkan dan juga membeli barang kebutuhan sehari-hari hanya dengan melalui smartphone. Jika hal-hal sederhana tersebut saja bisa dipengaruhi oleh perkembangan  teknologi, bagaimana dengan hal-hal lainnya yang lebih rumit, seperti trading atau bahkan menjual karya-karya yang kita buat?

Tentu saja, hal-hal tersebut pasti dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Saat ini, dunia trading juga semakin berkembang karena dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang terjadi. Dan salah satu instrumen trading yang muncul karena semakin modern-nya teknologi dan dunia digital adalah NFT atau Non-Fungible Token. Apa pengertian NFT? Fungsi NFT sendiri itu apa? Dan cara kerja NFT itu bagaimana?

Pengertian NFT

NFT adalah token yang tidak bisa dipertukarkan ataupun diduplikasi, dan juga NFT sebagai bukti kepemilikan dari suatu aset digital yang disimpan di dalam blockchain. Selain itu, NFT merupakan bentuk representasi dari suatu aset fisik, seperti bangunan, kendaraan bermotor, lukisan fisik ke representasi dalam bentuk digital, seperti video game, musik, meme, dan aset serta karya digital yang lainnya.

Fungsi NFT

Seperti yang sudah disinggung sedikit diatas, bahwa NFT adalah sebagai bentuk representasi dari aset fisik ke aset digital, maka NFT ini memiliki fungsi sebagai tempat bagi setiap orang yang memiliki karya digital dan ingin menawarkan karya digitalnya untuk dikoleksi oleh orang lain. Atau dengan kata lain, hak cipta dari suatu karya digital seseorang dibeli oleh orang lain.

Selain itu, NFT adalah solusi bagi setiap seniman yang terdampak karena pandemi. Seniman-seniman tersebut dapat menjual karya mereka secara digital melalui NFT.

Cara Kerja NFT

Secara singkat, cara kerja NFT adalah dengan mengubah bentuk kepemilikan aset fisik ke aset digital. Artinya, setiap aset NFT yang kamu miliki, nilainya akan berbeda dengan aset NFT yang dimiliki oleh orang lain, meskipun sama-sama memiliki aset NFT berupa foto atau lukisan. Jadi, secara tidak langsung aset NFT yang kamu miliki, hanya terdapat satu dan dalam satu waktu hanya bisa dimiliki oleh satu orang, yaitu kamu.

Karena itulah NFT menggunakan sistem blockchain. Setiap aset NFT yang ada akan terdaftar dan tersimpan di dalam blockchain beserta nama pemiliknya, untuk memudahkan verifikasi kepemilikan.

Kolektibel

Kolektibel adalah platform NFT pertama di Indonesia yang menampilkan dan menyediakan aksi dan momen terbaik khusus pada bidang olahraga, seni dan budaya, bahkan hingga lifestyle. Kolektibel sendiri menggunakan Vexanium blockchain sebagai basis tempat penyimpanan data-datanya. Fyi, Vexanium blockchain adalah public blockchain yang dibuat dan asli dari Indonesia sejak tahun 2018, dan yang paling penting adalah Vexanium blockchain ini sudah menjadi entitas yang legal juga lho, menarik bukan menggunakan platform dan blockchain asli Indonesia?

Jadi setelah mengetahui secara singkat pembahasan mengenai NFT, apakah kamu sudah tertarik untuk memiliki aset NFT?

 

By admin