Nyemil Bebas Bersalah Bersama Olahan Pisang

manfaat pisang

Siapa yang suka sekali cemilan? Snack time atau waktu ngemil biasanya dilakukan diantara jam makan utama seperti sebelum makan siang maupun sebelum makan malam. Bahkan terkadang ngemil juga dilakukan sebelum tidur karena perut masih minta asupan. Jadi, jenis camilan apa yang sering kalian konsumsi setiap harinya?

Camilan merupakan kudapan ringan yang digunakan untuk mengganjal perut sebelum waktu makan utama dilakukan. Biasanya camilan menggunakan jenis makanan ringan yang mudah dicerna. Salah satu jenis bahan pembuat camilan yang disukai oleh masyarakat Indonesia khususnya adalah pisang. Ya, buah satu ini memiliki rasa manis dan mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh dan mudah diolah menjadi berbagai bahan makanan.

Mengenal Manfaat Pisang Bagi Tubuh

Sebelum membahas mengenai camilan apa saja yang menggunakan bahan dasar pisang, ada baiknya kita mengenal manfaat pisang untuk kesehatan tubuh untuk memperkaya ilmu :

1. Kaya Akan Zat Karbohidrat serta Vit A

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat dijadikan sebagai menu makanan pengganti nasi. Dalam menu diet, konsumsi pisang dapat memberikan manfaat pisang yakni sumber energi karena mengandung karbohidrat sebanyak 25,8 gram. Pisang sendiri selain kaya akan kandungan gula juga kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, memperbaiki imunitas hingga menyehatkan jantung. Jadi cocok dijadikan cemilan.

2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Ternyata selain kaya akan vitamin A yang dibutuhkan tubuh, pisang juga mengandung vitamin C dan B6. Dimana kedua vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sistem imunitas. Manfaat pisang yang dikandung ini dapat membantu kalian untuk kuat menghadapi berbagai aktivitas harian.

3. Mengatasi penyakit anemia

Dalam satu buah pisang, kalian juga bisa menemukan kandungan zat besi. Dimana nantinya zat ini akan berperan dalam memperbaiki sel darah merah apabila kurang (anemia). Konsumsi pisang rutin baik dalam bentuk olahan maupun dalam bentuk mentah dapat mengurangi resiko anemia.

4. Memperbaiki mood

Manfaat pisang lainnya adalah dapat memperbaiki mood. Pisang mengandung senyawa yang mampu mendukung terbentuknya serotonin dalam tubuh sehingga mampu memperbaiki mood harian. Jadi jika kalian merasa tidak bisa menghadapi hari karena bad day, bisa banget cemilin pisang.

5. Meminimalisir potensi hipertensi/tekanan darah meninggi

Pisang mengandung senyawa kalium. Dimana senyawa ini memiliki fungsi dapat mengurangi resiko terbentuknya plak dalam pembuluh darah. Hal ini menjadikan tubuh lebih sehat dan mengurangi resiko hipertensi. Jadi bagus untuk anda konsumsi sebagai cemilan di usia senja.

Banyak sekali manfaat pisang yang baik untuk kesehatan terlebih untuk balita dan anak. Kalian bisa mengkonsumsi buah pisang langsung dalam bentuk mentah maupun mengolahnya. Olahan pisang yang mudah kalian buat dirumah pun beragam. Mulai dari pisang goreng, pisang bakar, smoothies, es krim pisang hingga nugget pisang. Berbagai menu olahan pisang yang disebutkan tersebut tidak membutuhkan waktu lama untu