velg mobilCara Merawat Velg Mobil Replika

Ada banyak bagian dari mobil yang bisa kamu modifikasi, salah satunya yang paling mendukung untuk merubah tampilan adalah velg mobil. Indonesia sendiri, seperti yang kita tahu adalah negara dengan pertumbuhan sektor industri otomotif yang pesat. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk tersebarnya velg mobil replika di negeri ini. Terbukti dari banyaknya toko yang jual velg mobil yang menjual produknya di marketplace, tujuannya sudah pasti menjangkau target pasar yang lebih luas.

Sebelum kita belajar bagaimana cara merawat velg mobil replika, pertama yang harus kita pahami adalah bagaimana cara memilih atau membedakan velg ori dan replika. Mengingat keduanya bisa kamu pakai untuk mobil kamu, tetapi sayangnya keduanya mempunyai kekuatan yang berbeda. Dan secara kasat mata memang sulit membedakan keduanya kalau kamu tidak memahami otomotif.

Cara Membedakan Velg Mobil Ori dan Replika

Jika kamu membeli mobil bekas, kamu harus jadi orang yang jeli dalam melihat semua bagian mobil. Jangan sampai kamu tertipu oleh pedagang nakal hingga berakhir kamu mendapatkan velg yang palsu atau replika yang tidak sesuai dengan keinginanmu.

Nah berikut ini beberapa tips yang bisa kamu perhatikan saat ingin mendapatkan velg ori bukan replika:

  • Harga Menentukan Kualitas Pembuatan

Harga velg sebanding dengan proses pembuatannya, dimana velg ori dibuat dengan standar kualitas dan keamanan pabrik sebelum nantinya dilempar ke pasar. Sedangkan velg replika pembuatannya menggunakan metode casting yang sangat detail. Sehingga kalau kamu hanya membedakannya secara tampilan pasti tidak akan menemukan perbedaannya. Tapi pasti ada perbedaan dibagian detail kecil dan finishing-nya.

Hal ini tentu saja membuat kedua produk ini punya harga yang berbeda. Velg mobil ori tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan replikanya meskipun bentuknya sama.

  • Perhatikan Bobot Velg

Velg yang asli mempunyai bobot yang nyatanya lebih ringan apabila dibandingkan dengan velg replika. Hal ini karena saat pembuatan replika tidak bisa menyamai standar campuran seperti original velg meskipun bentuk akhirnya banyak kemiripan. Secara umum pembedaan velg ori dan replika sampai 40% atau 10-11kg untuk velg replika dan sedangkan original velg hanya 5-6kg saja.

  • Lihat Kode Produksi

Selanjutnya perhatikan kode produksinya, karena kalau orisinil biasanya kode produksi diemboss atau dicetak bukan lagi menggunakan stiker. Kemudian juga ada kata-kata made in bukan design by. Selain itu juga velg ori nomor seri produksinya bisa dipertanggungjawabkan.

  • Perhatikan Logo dan Kemasannya

Logo yang terdapat pada velg replika sudah pasti berbeda dengan yang asli. Entah itu bedanya pada huruf, detail, hingga struktur penulisannya. Selain itu juga pada velg replika kamu tidak akan menemukan buku petunjuk penggunaan, sertifikat, dan cara perawatan seperti yang kamu dapatkan dari velg asli. Secara karakteristik, tentu saja replika bersifat lebih ringkih hal ini karena proses pembuatan dan juga material yang digunakan sehingga wajar kalau gampang retak.

  • Cek Harganya

Untuk replika memang biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah daripada yang asli. Kisaran harga replika adalah 3-5juta sedangkan untuk yang asli bisa sampai 15-20juta.

Tapi tenang saja, kalaupun mobil kamu mengenakan velg replika kamu tetap bisa memberikan perawatan yang maksimal sehingga lebih awet dan tidak membahayakan.

Cara Perawatan Velg Mobil yang Benar

Saat kamu membeli velg baru di toko velg mobil baik secara online atau offline, penting untuk kamu belajar bagaimana cara perawatannya. Karena dengan begitu tampilan mobil lebih outstanding dan keren tentunya. Nah berikut ini bebeapa cara perawatan velg mobil yang benar dan bisa kamu terapkan untuk mobil kamu di rumah:

  • Bersihkan mobil dan velg secara teratur menggunakan sabun cuci mobil dan air bersih.
  • Jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia keras yang bisa merusak permukaan velg.
  • Perhatikan kondisi lingkungan dimana kamu menyimpan velg apabila tidak sedang digunakan.
  • Coba periksalah secara berkala tekanan udara ban, sesuaikan dengan tekanan udara rekomendasi pabrik. Hal ini untuk memaksimalkan kinerja dan umur pakai dari velg.
  • Mengemudilah dengan hati-hati agar velg terhindar dari benturan atau goresan, bila perlu gunakan pelindung velg atau sarung roda jika ingin memarkir di tempat yang berisiko merusak velg.
  • Lakukan inspeksi rutin untuk memastikan adanya kerusakan atau keausan. Jangan sampai kamu abai akan tanda korosi, retak maupun goresan.

Itulah tadi beberapa hal yang harus kamu pahami terkait velg mobil baik yang ori maupun yang replika. Kalaupun membeli mobil bekas ada baiknya cek juga kondisi velg dan keasliannya agar kamu tidak tertipu serta mengalami kerugian. Coba kunjungi Otomax Store, yang mana merupakan tempat velg mobil terbaik dari original dan replika dengan harga terjangkau. Mereka menyediakan berbagai pilihan velg yang bisa membuat tampilan mobilmu menjadi baru dan lebih keren.

By admin