Press "Enter" to skip to content

Cara Menjaga MyTrueHero dari Kesemutan, Yuk Simak!

Kesemutan bisa terjadi pada siapa saja, dari kecil hingga dewasa tentu pernah merasakan kesemutan. Entah itu dari sebab yang ringan maupun karena gejala sebuah penyakit yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebagai anak yang saying keluarga, tentunya kita harus memastikan semua anggota keluarga sehat dan terbebas dari berbagai penyakit baik yang ringan maupun yang serius. Nah saat kamu melakukan aktivitas bersama keluarga seperti merenovasi rumah, bersih-bersih, memasak bersama orangtuamu dan mereka mengalami kesemutan pliss jangan diabaikan yaa. Orangtua itu ibarat MyTrueHero yang selalu siap sedia membantu anaknya termasuk kita dalam menjalankan aktivitas apapun. Oleh karena itu kita sebagai anak perhatikan orangtua kita apabila nampak gejala kesemutan pada mereka.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

Melakukan aktivitas bersama orangtua atau anggota keluarga lainnya tentu bisa memperat tali kasih saying diantara mereka. Sesama anggota keluarga bisa saling meringankan dan membantu dikala sulit. Ada banyak aktivitas yang bisa memperat hubungan antar keluarga, aktivitas seperti ini penting loh meskipun kamu hanya melakukannya seminggu sekali.

  • Mengecat Rumah

Memperbarui cat rumah biasanya sebuah pekerjaan yang kita limpahkan ke orang lain terkhususnya tukang. Apalagi jika kamu harus mengecat keseluruhan rumah. Namun tahukah kamu jika aktivitas ini juga bisa dilakukan orangtua dan anak. Melakukan aktivitas bersama seperti ini bisa melatih Kerjasama diantara keduanya dan menjadikan hubungan diantara mereka menjadi hangat kembali. Kalaupun tidak mengecat rumah keseluruhan, merenovasi cat kamar juga bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama.

  • Memperbaiki Rak

Rak kita butuhkan untuk menaruh barang agar lebih rapi dan tertata. Kamu pun bisa membuatnya sendiri bersama orangtuamu yaa, kalaupun beli yang sudah jadi dan tinggal merakit kamu juga bisa melakukannya dengan orantua di rumah.

  • Bedah Pintu

Pintu rumah terkadang jika sudah bertahun-tahun terpasang tentu mengalami masalah. Entah itu engselnya kurang pelumas, sudah berkarat dan patah sehingga harus diganti. Nah kamu selain memanggil tukang yang butuh biaya, kamu juga bisa memperbaikinya bersama orangtuamu yaa.

  • Memperbaiki Kamar Mandi

Kamar mandi yang buntu saluran pembuangannya tentu bisa bikin kita emosi yaa. Nah jika hal ini kamu alami di rumah kamu bisa langsung memperbaikinya dengan bantuan dari orantua. Meskipun kamu tidak tahu betul caranya, jaman sekarang mah mudah kamu bisa langsung cari caranya di mbah google yaa.

  • Bercocok Tanam

Aktivitas yang membuat kita dan orangtua rileks seperti bercocok tanam juga sangat mengasyikkan. Kamu bisa membuat taman bersama orangtua, menanam bunga, menanam pohon, atau sekedar membersihkan halaman rumah. Aktivitas seperti ini jika kalian lakukan bersama tentu bisa mempererat tali kasih saying diantara kalian.

Namun bagaimana jika aktivitas diatas terganggu karena ada diantara kalian yang kesemutan? Meskipun hanya kesemutan kamu tidak bisa mengabaikannya yaa, karena bisa jadi ini merupakan gejala dari penyakit-penyakit yang lebih serius. Jika kamu belum mengenal betul soal kesemutan berikut ulasan kami.

Kesemutan Ialah Bagian dari Neuropati

Neuropati merupakan kerusakan saraf yang bisa terjadi karena penyakit diabetes, sedang dalam masa kemoterapi dan sebagainya, sehingga ada bagian tubuh kita yang mengalami mati rasa atau kesemutan. Saraf yang dimaksud disini meliputi saraf otonom, saraf sensorik, dan saraf motorik. Dimana mengalami gangguan sehingga mempengaruhi anggota tubuh yang lainnya.

Seseorang bisa mengalami neuropati karena faktor usia, penyakit kronis, diabetes, sedang kemoterapi, autoimun, defisiensi vitamin, infeksi, toksin atau racun, akibat trauma, inflamasi dan sebagainya. Oleh karena itu penting untuk kita selalu mengenali penyebab dari neuropati.

  • Penyebab Neuropati

Tubuh kita bagian saraf khususnya saraf neuropati bisa mengalami kerusahakan ketika saraf mempengaruhi akson saraf, selubung mielin, ataupun kombinasi dari keduanya. Sehingga kamu butuh untuk melakukan pemeriksaan elektrodiagnostik untuk tau jenis kerusakan yang terjadi.

  • Gejala dari Neuropati

Gejala neuropati dari setiap orang bisa berbeda yaa tergantung dari penyebabnya dan bagaimana kondisi pengidap neuropati. Namun biasanya secara umum adalah kesemutan atau mati rasa sementara maupun permanan, ada sensasi terbakar atau tertusuk, lebih sensitive ketika tersentuh, muncul rasa sakit, otot melemah, lumpuh, dan disfungsi organ.

Misalnya saja pada penderita diabetes, biasanya gejala neuropati yang dialami adalah kesemutan pada bagian kaki. Kemudian pada mereka yang sedang menjalani kemoterapi biasanya gejala neuropati akan berlangsung beberapa waktu saja, sedangkan jika terkena penyakit AIDS akan mengalami gejala neuropati akibat efek samping dari pengobatan yang sedang dijalani.

Apabila salah satu MyTrueHero mengalami gejala neuropati tentunya saya harus segera bertanya pada dokter dan menjalankan beberapa pemeriksaan fisik serta tes darah. Tes darah akan membantu kita tau kondisi dari kadar gula, apakah ada defisiensi vitamin dan sebagainya. Kamu juga bisa mengambil tes pemindaian baik itu rontgen, MRI, CT Scan dan sebagainya. Kemudian untuk mengetahui kondisi fungsi saraf kita, kita bisa melakukan tes Elrktromiografi, tes konduksi saraf, biopsy saraf dan sebagainya.

  • Pencegahan dan Pengobatan Neuropati

Untuk mengatasi neuropati dan mendapatkan saraf sehat kalian butuh yang Namanya tips Ngerti atau tips Ngelawan Neuropati. Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan dokter, lebih banyak istirahat, dan sebagainya. Namun untuk pengkonsumsian obat-obatan umum sebaiknya hanya untuk mereka yang mengalami neuropati ringan saja. Apabila kondisimu sudah serius sebaiknya ikuti saran dan resep dokter saja.

Nah untuk pencegahannya kamu bisa dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, minuman sehat, sayuran dan sebagainya. Jangan lupa juga konsumsi buah, biji-bijian dan juga protein agar saraf kita bisa regenerasi secara cepat.

Kamu juga bisa mengkonsumsi telur, ikan, daging, makanan yang tidak berlemak, dan jangan lupa untuk selalu berolahraga. Pokoknya demi MyTrueHero kalian harus mengusahakan untuk selalu hidup sehat.

Yuk mulai perhatikan gejala-gejala ringan orang-orang disekitar kita, mari kita jaga Kesehatan bersama-sama dengan pola hidup yang lebih sehat. Sehingga kita akan terjauh dari gejala neuropati seperti kesemutan yang bisa mengganggu aktivitas keseharian kita bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.