apa itu IOT dan contohnyaApa Itu IOT dan Contohnya di Sektor Utilitas

Bagian utilitas dalam sebuah pabrik harus bekerja secara optimal dan kontinu loh. Sehingga apabila terjadi permasalahan pada bagian ini bisa mengakibatkan lumpuhnya operasional pabrik secara keseluruhan. Selain itu bagian utilitas juga mempengaruhi biaya operasional, jumlah energi yang dibutuhkan hingga hingga berapa hasil limbahnya. Oleh karena itu kamu butuh sistem teknologi yang bisa mengoptimalkan produktivitas pabrik. Dan salah satunya bisa kamu lakuikan dengan menggunakan device IOT, bingung apa itu IOT dan contohnya?

Tidak masalah kamu bingung sekarang, kami akan menjelaskan kepada kalian semua apa itu internet of things atau IOT. Bagaimana bisa ia berperan dalam mengoptimalkan kerja sebuah pabrik terutama bagian utilitas. Selain itu kita akan bahas juga perkembangan device IOT milik Telkomiot yang sudah berbasis Lorawan.

Mengenal Apa Itu IOT?

Jika pabrik yang kamu jalankan sedang dalam masa transisi dari sistem manual menuju sistem berbasis IOT. Maka pertama-mana kamu harus tau apa itu IOT dan contohnya dalam industrimu dengan begitu pengaplikasiannya akan semakin maksimal.

Nah internet of things atau kita kenal dengan IOT adalah sebuah device atau alat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet. Alat ini mampu membuat pekerjaan manusia menjadi lebih ringan baik lingkup rumah maupun perusahaan.

Kegunaan dan Kekurangan Device IOT

Setelah kamu tau pengertian dari apa itu internet of things, selanjutnya kita akan belajar apa saja sih kegunaan dari device ini dan apa saja kekurangannya apabila sebuah pabrik atau smart home menggunakan IOT. Berikut ini beberapa kegunaan apabila IOT sudah terinstall di alat elektronik atau mesinmu.

  • Bisa mengontrol dan mengurangi biaya atau cost
  • Efisiensi lebih tinggi dan produktivitas lebih optimal
  • Membuka peluang bisnis lebih jauh dan luas
  • Bisa meningkatkan customer experience

Sedangkan untuk kekurangan saat kamu menggunakan device berbasis IOT ada beberapa yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk memakainya:

  • Masalah security data
  • Mengalihkan dari proses manual ke basis IOT membutuhkan cost yang cukup banyak
  • Kamu membutuhkan power supply yang sangat besar
  • Kamu juga membutuhkan jaringan internet yang stabil
  • Perusahaan atau pabrik juga membutuhkan tenaga dengan skill device IOT sehingga bisa menguasai medan

Hal-hal seperti ini sangat krusial loh sehingga perlu kamu pertimbangkan matang-matang, mengingat kamu harus peka terhadap perkembangan teknologi di jaman sekarang tetapi tetap mempertimbangkan biaya dan tenaganya. Maka dari itu mengerti apa itu IOT dan contohnya juga bisa menjadi salah satu hal yang kamu pertimbangkan yaa.

Sektor Utilitas Menggunakan IOT Lorawan

Sebuah sektor utilitas yang menggunakan IOT bisa mengontrol penggunaan listrik, gas dan juga air dengan otomatis. Ini hanya sedikit peran dari IOT di bagian utilitas sebuah pabrik, agar lebih jelas berikut ini bagian sistem utilitas pabrik yang menjadi efisien dan cerdas saat sudah menggunakan IOT Lorawan.

  • Bagian Kelistrikan

Saat sebuah pabrik memasang LOT Lorawan dalam sebuah sistem kelistrikan, maka bisa menghindari terjadinya banyak masalah secara mendadak. Mengingat listrik di sebuah pabrik berguna untuk nyala berbagai jenis mesin, komputer, semua lampu di pabrik, cooler, dan sebagainya. Apabila terjadi permasalahan seperti temperature yang ekstrim atau akan terjadi pemadaman listrik, IOT Lorawan akan memberikan peringatan sehingga kita bisa antisipasi lebih dini.

  • Bagian Air

Air untuk sebuah pabrik yang mengalir melalui pipa-pipa panjang dan besar bukan hanya perlu kita monitor secara fungsional saja. namun kita juga penting untuk mengontrol kondisinya dari kejauhan melihat mulai dari tekanan hingga laju air.

Selain itu apabila sudah ada IOT Lorawan juga akan memudahkan kamu dalam memberikan analisa terhadap titik kebocoran. Dengan sambungan internet yang lancar, maka informasi tersebut bisa tersalurkan dengan lebih cepat dan akhirnya bisa mereka tangani dengan baik.

  • Bagian Ber-gas

Dalam sebuah pabrik tentunya ada yang mengalirkan berbagai macam gas baik untuk kebutuhan prosuksi maupun hasil dari limbah. Adanya teknologi smart metering kemudian kita gabung dengan sensor Lorawan tentunya akan lebih mudah pengontrolan terhadap gas berikut dengan kebocorannya. Sehingga apabila kita bisa melakukan identifikasi lebih cepat maka resiko kerjapun bisa kita menimalisir.

Adanya Lorawan akan sangat menguntungkan, seperti yang kita bahas sebelumnya jika kamu sudah menggunakan IOT maka biayamu untuk utilitas tersebut bisa kamu alihkan untuk proses yang lain. Selain itu penggunaan teknologi ini juga lebih fleksibel untuk model jaringannya karena bisa private maupun public. Selain itu ekosistem bisnismu akan lebih cepat perkembangannya dan didukung dengan keamanan data yang terbaik pula.

Jika sektor utilitas pabrikmu belum menggunakan sistem IOT Lorawan ada baiknya kamu kaji keuntungannya apabila sistem tersebut berjalan di pabrikmu. Kamu bisa mulai dengan mengkaji apa itu IOT dan contohnya untuk penggunaan pabrikmu. Lanjut dengan bagaimana kerjanya, kendala apa yang kamu alami apa menggunakan IOT dan sebagainya. Sebagai permulaan kamu bisa gunakan Telkomiot sebagai produsen jaringan dan sistem IOT yang sudah menyeluruh di Indonesia.

By admin