Press "Enter" to skip to content

5 Fitur Utama Aplikasi Akuntansi dari Jurnal.id

Memulai sebuah usaha baru ada banyak hal yang harus kita persiapkan, dari modal hingga produk jadi membutuhkan proses yang tidak sedikit. Saat proses memproduksi barang untuk usaha kamu, ada yang tidak boleh sampai terlewat dari perhatian kalian yaitu pencatatan laporan keuangan.

Pencatatan laporan keuangan dan berbagai detail keuangan lain di jaman sekarang ini sudah bisa dibantu oleh sebuah aplikasi akuntansi loh. Meskipun usaha kamu baru, tetapi alangkah baiknya cash flow usaha tercatat dengan baik. Nah salah satu yang mengembangkan aplikasi akuntansi adalah Jurnal.id dengan berbagai fitur utama yang bisa kamu cek di https://www.jurnal.id/id/fitur/. Fitur yang berkembang di Jurnal.id merupakan fitur yang wajib ada loh dalam aplikasi akuntansi karena dalam penggunaannya masuk dalam aplikasi akuntansi yang cepat dan akurat serta bisa kamu operasikan secara mudah.

Mengenal Fitur Aplikasi Akuntansi yang Dikembangkan Jurnal.id

Nah sebelum kamu mengeksekusi usahamu menggunakan aplikasi akuntansi ini, kita akan mengenali dulu fitur-fitur Jurnal.id ya ada di https://www.jurnal.id/id/fitur/. Sehingga penggunaan aplikasi ini bisa lebih maksimal untuk pencatatan keuangan usahamu.

1. Fitur Laporan Bisnis dan Keuangan Usahamu

Sebuah aplikasi akuntansi mempunyai fitur utama yaitu dapat membuat laporan keuangan yang mudah dimengerti oleh pembacanya. Pada aplikasi akuntansi Jurnal.id mempunyai kemampuan untuk memproses akuntansi double entry dan akrual  loh.

Akuntansi double entry merupakan sifat fleksibilitas yang dimiliki oleh aplikasi. Dimana memungkinkan untuk kamu menggabungkan beberapa divisi dalam sebuah perusahaan agar dapat berkoordinasi secara langsung dengan laporan induk. Hal ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan akun multi-level. Dimana dalam aplikasi tersebut terdapat satu induk dan beberapa sub-induk dari berbagai divisi untuk membuat laporan keuangan menjadi lebih lengkap dan detail secara cepat.

Nah sebuah aplikasi akuntansi terbaik salah satu cirinya adalah bisa memberikan tingkat fleksibilitas kerja yang tinggi. Seperti Jurnal.id yang mana bisa membuat data keuangan bisa berganti secara otomatis dan mempunyai probabilotas human error yang lebih rendah. Dan sebagai keamanan tambahan dengan adanya Chart of Account kamu bisa mendapatkan detail akun mana saja yang login ke dalam sistem. Dengan begitu kamu bisa melakukan analisis usaha kamu selama periode krusial dan penentuan langkah selanjutnya.

Kemudian pada fitur ini juga terdapat laporan neraca, dimana laporan ini berguna untuk mengetahui kondisi keuangan usaha kamu. Diantaranya laporan laba rugi, kemudian laporan jika ada perubahan modal, lalu membantu kamu membuat laporan buku besar, mengetahui arus kas dan membuat laporan jurnal perusahaan.

Fitur ini sangat lengkap dan tentunya mempermudah kamu dalam pengelolaan laporan keuangan yang dimiliki perusahaan. Sehingga tim akuntan perusahaan tak perlu pusing melakukannya secara manual.

2. Fitur Budgeting atau Pencatatan Biaya dan Anggaran

Dalam aplikasi akuntansi yang dikelola Jurnal.id juga bisa membantu kamu dalam mengatur berbagai biaya dan anggaran loh dengan memanfaatkan fitur budgeting atau (Biaya dan Anggaran).

Seperti yang kita tau jika dalam sebuah usaha membuat anggalan kebutuhan belanja harus disusun secara tepat. Dan dengan aplikasi ini kamu bisa memilih antara membuat anggaran yang tanpa sisa ataupun anggaran belanja yang bersisa. Dimana keduanya bisa kamu sesuaikan dengan periode kerja.

Dengan fitur ini juga kamu bisa forecasting keuntungan dan kerugian pada sebuah periode waktu melalui perhitungan laba rugi.

3. Fitur Penyediaan Barang atau Purchasing

Dengan fitur ini kamu bisa mengontrol segala aktifitas baik pembelian yang belum dibayar maupun yang sudah tiba waktu bayarnya. Hal ini harus bisa dipoerasikan dengan mudah oleh pengguna. Dan fitur purchasing yang ada di Jurnal.id bisa kamu gunakan untuk menerbitkan faktur dan juga retur pembelian sebuah produk, kemudian bisa membantu proses pengiriman produk, melakukan pembelian pada beberapa supplier dan produk, serta melacak daftar pengeluaran sebuah bisnis.

4. Fitur Pengaturan Hutang Piutang

Lebih lengkapnya lagi fitur lain seperti pengaturan hutang piutang bisa membantu mengontrol kegiatan ini. diantaranya mencatat segala jejak hutangmu, baik hutangmu ke supplier maupun konsumen ke pihak kamu.

Dengan fitur ini pula kamu bisa membuat laporan hutang untuk customer berdasarkan nama pelanggan, kemudian nomor dan tanggal pembuatan atau manufaktur, kapan tanggal jatuh tempo, laporan nominal transaksi, hingga sisa hutang yang harus dibayarkan.

Selain itu pencatatan hutamu ke supplier juga bisa kamu lakukan dengan fitur ini. Sehingga waktunya tidak mungkin terlewat dan semua list hutang yang belum terbayar bisa kamu ketahui.

5. Fitur Produk dan Inventory

Melalui fitur produk dan inventory Jurnal.id kamu bisa mengelola terkait stock barang opname kamu dengan lebih mudah, kemudian memperhatikan nilai dan juga kualitas dari produkmu, dan berbagai detail jumlah persediaan barang dan rincian barang keluar. Dengan begitu kalian bisa dengan tepat melakukan tindakan terhadap barang yang ada di gudangmu meliputi penentuan kapan waktu yang tepat barang harus habis, kapan barang masuk, dan lain sebagainya. Ini juga berhubungan dengan kondisi cash flow usaha.

Nah sebenarnya masih banyak lagi fitur yang ada di aplikasi akuntansi Jurnal.id yang juga menawarkan banyak keuntungan menarik. Namun lima fitur di atas adalah yang paling penting untuk kamu perhatikan. Apabila kamu ingin mengetahui detail terkait fitur mereka coba saja kunjungi https://www.jurnal.id/id/fitur/ dengan begitu kamu bisa langsung mencoba trial gratisnya yang selama 14 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *